Rabu, 11 Maret 2009

29 Pulau Terancam Tenggelam

SEBANYAK 29 pulau kecil di Indonesia terancam tenggelam dalam jangka waktu 10 tahun. Hal terjadi karena pemerintah membiarkan pertambangan pasir di laut terus berlangsung. Salah satu yang akan tenggelam adalah Pulau Pemain di Bangka Belitung. Infomasi ini dikemukakan Manajer Eksekutif Nasional WALHI Regional Sumatera Mukri Friatna kepada Merdeka di Jakarta, Selasa (10/3).

Menurut Mukri, ancaman tenggelamnya pulau dilandaskan pada fakta telah terjadinya pengikisan garis pantai (abrasi) di wilayah daratan pulau-pulau tersebut selama lima tahun terakhir.

Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) M Riza Damanik yang dihubungi terpisah mengakui potensi tenggelamnya pulau. “Pemeritah jangan berkelit. Ancaman itu bukan karena perubahan iklim atau pemanasan global. Faktor dominan adalah aktivitas ekstraktif, khususnya kegiatan pertambangan,” kata Riza. Sebagai contoh Riza menyebut kasus Pulau Pemain. Abrasi pulau itu jelas akibat aktivitas penambangan pasir serta penyedotan air tanah.

Koordinator Simpul WALHI Bangka Belitung Yodho Marhoed menambahkan, sejak 30 Januari, kapal-kapal asing berbendera Thailand tak henti-hentinya menghisap timah di dasar perairan Bangka Selatan. Kapal dengan daya hisap 1000 m3 / jam itu beroperasi delapan jam per hari. “Pemerintah belum bertindak tegas,” kata Marhoed.

Menanggapi hal itu, Executive Director Asosiasi Pertambangan Indonesia (API) Priyo Budi Soemarno mengatakan, Walhi tidak boleh asal bicara. “Harus ada data akurat,” kata Priyo kepada Merdeka.

Menurut Priyo, kapasitas penambangan yang dilakukan kapal keruk PT Timah yang mencapai 522 ton per tahunnya masih tergolong kecil. “Kerusakan lingkungan pasti ada. Tetapi, pasti akan settling down. Dalam kurun waktu 3-4 tahun lingkungan yang sempat rusak akan kembali normal,” jelasnya.

Mukri menambahkan bukan hanya Pulau Pemain, 28 pulau lainnya di Indonesia mengalami nasib sama, terancam tenggelam jika pemerintah tak kunjung serius mengelola penambangan. (Erlin Sitinjak/Harian Merdeka)


Daftar 28 Pulau Terancam Tenggelam

1. Pulau Sebaik, Kepulauan Riau

2. Pulang Telang, Kepulauan Riau

3. Pulau Nipah, Kepulauan Riau

4. Pulau Angket, Kepulauan Riau

5. Pulau Puyang, Kepulauan Riau

6. Pulau Baru, Kepulauan Riau

7. Pulau Karimun, Kepulauan Riau

8. Pulau Kecil, Kepulauan Riau

9. Pulau Plampung, Kepualauan Riau

10. Pulau Berhati, Kepulauan Riau

11. Pulau Nongsah, Kepulauan Riau

12. Pulau Babi, Kepulauan Riau

13. Pulau Burung, Kepulauan Riau

14. Pulau Payung, Kepulauan Seribu

15. Pulau Ubi Besar, Kepulauan Seribu

16. Pulau Dapur, Kepualauan Seribu

17. Pulau Tikus, Sulawesi Tengah

18. Pulau Wawoni, Sulawesi Tenggara

19. Pulau Lebutan, Sulawesi Tenggara

20. Pulau Kabaena Sulawesi Tenggara

21. Pulau Munante, Sulawesi Tenggara

22. Pulau Bahubulu, Sulawesi Tenggara

23. Pulau Padamarang, Sulawesi Tenggara

24. Pulau Lemon, Papua Barat

25. Pulau Mendanao, Bangka Belitung

26. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan

27. Pulau Sembilan, Kalimantan Selatan

28. Pulau Kampai, Sumatera Utara

29. Pulau Pemain , Babel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar