Minggu, 15 Maret 2009

2 % Laba Bersih untuk Bina Lingkungan



PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) adalah salah satu BUMN yang menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program ‘Bina Lingkungan’. Demi pelaksanaan program, KBN menyisihkan 2 % dari laba bersih yang diperoleh setiap tahunnya.

Direktur Administrasi dan Keuangan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Karyono Supomo mengatakan kepada Merdeka, setiap tahun KBN menyusun program tersebut dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan. Biasanya, program yang ditujukan untuk memberdayakan kondisi sosial masyarakat ini dilaksanakan setiap HUT KBN, awal tahun ajaran baru, dan ketika terjadi musibah.

Program ‘Bina Lingkungan’ telah dilaksanakan sejak tahun 1992. Dan hingga saat ini, KBN tetap konsisten dengan komitmennya untuk menjalankan enam item program. Yaitu, program bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan/pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, dan pelestarian alam.

Dari enam item itu, lanjut Karyono, program ‘Bina Lingkungan’ lebih difokuskan pada bantuan peningkatan kesehatan. Kebijakan ini diambil berdasarkan fakta, kondisi kesehatan masyarakat di sekitar kawasan operasional KBN masih sangat memprihatinkan.

Untuk meningkatkan efektifitas programnya, KBN memutuskan untuk memfokuskan target kegiatan pada warga yang tinggal di sekitar kawasan operasional.

Saat ini, misalnya, KBN sedang mempersiapkan diri untuk melakukan renovasi dan pembangunan jamban di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Rencananya, proses renovasi akan dilakukan pada Juli mendatang. “Cakung menjadi konsentrasi kegiatan program ‘Bina Lingkungan’. Sebab, bila dibanding daerah operasional KBN lainnya, Cakung paling padat penduduk dengan pendapatan di bawah UMR. Selain itu, tingkat kebersihan lingkungan sangat rendah,” jelas Karyono. (Erlin Sitinjak/Dok Harian Merdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar